#24 'bout lesson I've learned

menurut saya sih, ya anggap aja ilmu otak-atik guthak gathuk, hidup ini seperti halnya ada bersepeda, paling tidak ada 5 pelajaran, plus bonus satu, jadi ada enam pelajaran yang saya ambil.. (hmm kok kesannya saya jadi ngambil punya siapa gitu ya, sudahlah ga usah dibahas..)

yang pertama.


sebenernya yg pertama ini sih, filosofi bersepeda ala saya, bersepeda sesampainya, ngepit sak tenake kata temen-temen di Jogja.  Mungkin karena hidup saya juga minim kompetisi, tak begitu suka kompetisi, jadi hidup ya ngalir begitu sahaja.  Jadi kalo ada masalah dalam hidup ya saya pause alias diem dulu sejenak untuk kembali melangkah setelah napas enak dan pikiran tenang.

yang kedua.


ya kalo berangkat, kemana pun, kudu ingat rumah, inget pulang lah, sejauh dan selama apapun perjalanan.  memang bahaya kalo sampe lupa rumah.. kalo lebih tinggi lagi pemaknaannya terkait hidup ya inget bahwa nanti bakal berpulang juga, seberapa pun hebatnya di dunia ini. Haish kok jadi rada dalem dan sedikit serem ini.

yang ketiga


ya dalam sepedaan, juga dalam hidup, tentu perlu bekal toh, biar cukup dan kecapekan di jalan.  biar perjalanan aman. dan bekal yang penting menurutku sih ga cuma logistik, tapi sebuah ilmu favoritku: survival..

yang ke empat


ini  sih sebenarnya kemampuan untuk mengetahui batas kemampuan diri sendiri, ga usah sok kuat kalo menemui jalanan yang nanjak atau kondisinya berat dan rusak.  sesuaikan kekuatan diri dengan jalan deh, kadang suka maksa, sudah tau tanjakan malah sok kuat dan ga mau nurunin gear alias gigi, akibatnya napas habis, kaki pegel, badan remek.. gitu juga pas ketemu turunan ga usah sombong dan sok keren dah lalu ngebut, ntar jatuh nyesel dan bakal sakit tentu

yang kelima


ini sih soal mawas diri, ini juga gara-gara inget petuah seorang temen, kalo sistem hidup itu terdiri dari tiga bagian yang harus klop: kondisi badan, kondisi alat dan kondisi jalan.  Kalo tiga-tiganya dalam kondisi bagus, ntar perjalanan pasti bakal lancar dan sampai tujuan dengan aman.  Kalaupun ada masalah di antara ketiga hal itu, paling tidak bisa diantisipasi dengan baik.  Jadi sebelum memulai perjalanan cek dan ricek dulu kondisi tubuh, kondisi sepeda dan juga jalur jalan yang bakal dilalui.. yaa kurang lebih begitu

bonus bagian keenam


itu artinya adalah: kalo ga mampu lagi digowes ya didorong (bhs Banjar)

Ini sih semacam sambungan atau pelengkap dari bagian keempat di atas, ya sekuat-kuatnya tenaga dan sebagus-bagusnya sepeda, pasti nanti ada suatu saat ketemu medan yang ekstrim, yang bikin kaki tak kuat lagi mengayuh pedal, kalo sudah gitu ya turun, dorong, yang penting sampai, semangat!

Jadi begitulah, pelajaran yang saya maknai semena-mena kali ini. Agak berantakan memang pemaknaannya, tapi ya sudahlah..
 

Komentar

  1. pesan-pesan yang sungguh bijak, tapi bikin penasaran.. ini pakai bahasa apa?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Toko & Bengkel Sepeda di Jogja

tentang HMNS

Abdi bogoh ka anjeun