Langsung ke konten utama

#24 'bout lesson I've learned

menurut saya sih, ya anggap aja ilmu otak-atik guthak gathuk, hidup ini seperti halnya ada bersepeda, paling tidak ada 5 pelajaran, plus bonus satu, jadi ada enam pelajaran yang saya ambil.. (hmm kok kesannya saya jadi ngambil punya siapa gitu ya, sudahlah ga usah dibahas..)

yang pertama.


sebenernya yg pertama ini sih, filosofi bersepeda ala saya, bersepeda sesampainya, ngepit sak tenake kata temen-temen di Jogja.  Mungkin karena hidup saya juga minim kompetisi, tak begitu suka kompetisi, jadi hidup ya ngalir begitu sahaja.  Jadi kalo ada masalah dalam hidup ya saya pause alias diem dulu sejenak untuk kembali melangkah setelah napas enak dan pikiran tenang.

yang kedua.


ya kalo berangkat, kemana pun, kudu ingat rumah, inget pulang lah, sejauh dan selama apapun perjalanan.  memang bahaya kalo sampe lupa rumah.. kalo lebih tinggi lagi pemaknaannya terkait hidup ya inget bahwa nanti bakal berpulang juga, seberapa pun hebatnya di dunia ini. Haish kok jadi rada dalem dan sedikit serem ini.

yang ketiga


ya dalam sepedaan, juga dalam hidup, tentu perlu bekal toh, biar cukup dan kecapekan di jalan.  biar perjalanan aman. dan bekal yang penting menurutku sih ga cuma logistik, tapi sebuah ilmu favoritku: survival..

yang ke empat


ini  sih sebenarnya kemampuan untuk mengetahui batas kemampuan diri sendiri, ga usah sok kuat kalo menemui jalanan yang nanjak atau kondisinya berat dan rusak.  sesuaikan kekuatan diri dengan jalan deh, kadang suka maksa, sudah tau tanjakan malah sok kuat dan ga mau nurunin gear alias gigi, akibatnya napas habis, kaki pegel, badan remek.. gitu juga pas ketemu turunan ga usah sombong dan sok keren dah lalu ngebut, ntar jatuh nyesel dan bakal sakit tentu

yang kelima


ini sih soal mawas diri, ini juga gara-gara inget petuah seorang temen, kalo sistem hidup itu terdiri dari tiga bagian yang harus klop: kondisi badan, kondisi alat dan kondisi jalan.  Kalo tiga-tiganya dalam kondisi bagus, ntar perjalanan pasti bakal lancar dan sampai tujuan dengan aman.  Kalaupun ada masalah di antara ketiga hal itu, paling tidak bisa diantisipasi dengan baik.  Jadi sebelum memulai perjalanan cek dan ricek dulu kondisi tubuh, kondisi sepeda dan juga jalur jalan yang bakal dilalui.. yaa kurang lebih begitu

bonus bagian keenam


itu artinya adalah: kalo ga mampu lagi digowes ya didorong (bhs Banjar)

Ini sih semacam sambungan atau pelengkap dari bagian keempat di atas, ya sekuat-kuatnya tenaga dan sebagus-bagusnya sepeda, pasti nanti ada suatu saat ketemu medan yang ekstrim, yang bikin kaki tak kuat lagi mengayuh pedal, kalo sudah gitu ya turun, dorong, yang penting sampai, semangat!

Jadi begitulah, pelajaran yang saya maknai semena-mena kali ini. Agak berantakan memang pemaknaannya, tapi ya sudahlah..
 

Komentar

  1. pesan-pesan yang sungguh bijak, tapi bikin penasaran.. ini pakai bahasa apa?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ada apa hari ini

 rencananya adalah: hunting komik lagi di lapak depan jalan nyuci sepeda bikin materi untuk ngajar besok, artinya kudu baca ulang lagi materinya belajar swot, skoringnya masih belum ngerti, hedeh.. mudahan mahasiswaku ga baca blog ini haha sepedaan bentar sore-sore.. dan sepagi ini, saya kembali, iya kembalai, men- deactive akun-akun sosmed saya, dan lagi-lagi, saya tak tahu sampai kapan itu berlangsung, toh siapa juga yang nyari saya kan haha kecuali blog ini, tampaknya tetap dipertahankan aktif untuk menumpahkan kisah-kisah tak jelas sepanjang waktunya.. tadinya kepikiran untuk menghapus akun whatsapp  untuk sementara waktu, tapi tak bisa karena ada terkait kerjaan di kantor, walau akhir-akhir ini tak begitu ada kerjaan juga, jadi ya mungkin ditengok sesekali saja. itu saja dulu, eh apa saya perlu.. hedeuh apa tadi lupa

tentang 2021

 sebuah refleksi akan tahun 2021 yang awut-awutan, bagaimana harus memulainya ya, toh saya sebenarnya tak bisa juga menceritakannya #lah 😅 lagian rasanya terlalu dini ya untuk bikin refleksi, eh benarkah demikian? yang jelas saya punya beberapa kawan baru, punya pengalaman baru, menemukan hal-hal baru, mendapatkan apa yang saya inginkan walau terlihat sederhana, soal detilnya. nah itulah susah menceritkannya.. oke salahsatunya adalah akhirnya saya bisa menjejakkan kaki ke satu kabupaten di provinsi ini yang belum pernah saya datangi: Kotabaru.   soal lain-lainnya rasanya kurang lebih sama, masih aja susah ngomong di depan orang banyak, saya harus lebih banyak belajar lagi, terutama: belajar meminimalisir rasa malas..

#54 tentang pikiran, keluhan dan ikhlas melepas

.. kemarin, saya membuka-buka arsip disertasi saya, membaca sekilas beberapa bagiannya, dan memutuskan untuk malu.  Saya makin yakin bahwa hanya keberuntungan saja yang bikin saya bisa menyelesaikan studi empat tahun yang lalu itu. Bahkan bagian referensi pun, benang merahnya kurang kuat, ada beberapa bagian yang bikin kening saya mengkerut sambili berpikir: dulu saya ngapain dan gimana saja mikirnya haha.  walaupun kalau mengingat prosesnya yang begitu ... ya tujuh tahun yang mungkin benar-benar seperti roller coaster  paling buruk sedunia.  Sudahlah, mengenang hal-hal yang kurang baik seringkali lebih detil daripada mengenang hal-hal bagus. saya juga mikir, kemarin diam-diam hidup saya juga banyak dilingkari keluhan, sana-sini, padahal penyebabnya ya diri sendiri juga, yang keras kepapa dan sering menganggap diri sendiri yang paling benar.  Padahal ya, saya selalu bilang sama kawan-kawan, seringkali dan sebagian besar masalah hidup seseorang itu ya karena dirinya sendiri.  Tak perlu