+ -

Pages

Kamis, 27 Juli 2017

..mencoba instal Lubuntu di Lenovo S206

..leptop honey, istri saya itu kondisinya sekarang lumayan amburadul, wifi susah konek, batterynya error -ya kalo ini sih salah saya gara-gara pernah nge-charge kelamaan-,  dan terakhir suka mati-mati sendiri sehabis diinstal ulang sama windows 7 (bajakan).

Saya putuskan untuk instal linux saja, kali ini saya instalin Lubuntu, turunan ubuntu dengan pertimbangan spec leptop yang lumayan pas-pasan: RAM cuma 2 Gb dan prosesor yang cuma dual core 1,4 Gb. 

Sebenarnya saya pengen nginstalin debian lagi, tapi selain lupa caranya, saya juga pengen nyoba OS yang lain, setelah saya timbang-timbang yang file ISO-nya lumayan kecil ya cuma Lubuntu, cuma sekitar 900-an Mb.  Itu juga lumayan lama downloadnya, cuma ngandelin hotspot dari hape.

Setelah dapet iso-nya, bikin bootable di flashdisk pake unetbootin, lalu mencoba instal, berhubung saya termasuk user abal-abal yang taunya instal dan klik sana sini, jadi belum berani instal seluruhnya, takut data yang ada di hardisk keformat seperti yang lalu-lalu hehe, jadi cuma instal dual boot sama win 7.

Setelah beberapa kali gagal karena masalah power yang tiba-tiba mati, akhirnya berhasil diinstal.  Masalah lain muncul, bisa konek wifi tapi koneksi gagal mulu.  Setelah klak klik sana sini, berhasil update dan berhasil konek internet.

Kemudian instal WPS office, awalnya gagal, karena masalah dependencies, minta instal libpng12-0, dan kemudian akhirnya berhasil.  Tak lama honey rekues minta instalin software pengolah data SPSS, berhubung saya males instal barang bajakan lagi, saya instalin aja PSPP, alternatifnya hehe ya mudah-mudahan ga masalah saat dipake.  Dulu sih pernah nyoba ga ada masalah.

Besok nyoba instal di komputer kantor ah, mudahan berhasil..
5 blog auk: ..mencoba instal Lubuntu di Lenovo S206 ..leptop honey, istri saya itu kondisinya sekarang lumayan amburadul, wifi susah konek, batterynya error - ya kalo ini sih salah saya gara-g...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >