Langsung ke konten utama

#24 'bout lesson I've learned

menurut saya sih, ya anggap aja ilmu otak-atik guthak gathuk, hidup ini seperti halnya ada bersepeda, paling tidak ada 5 pelajaran, plus bonus satu, jadi ada enam pelajaran yang saya ambil.. (hmm kok kesannya saya jadi ngambil punya siapa gitu ya, sudahlah ga usah dibahas..)

yang pertama.


sebenernya yg pertama ini sih, filosofi bersepeda ala saya, bersepeda sesampainya, ngepit sak tenake kata temen-temen di Jogja.  Mungkin karena hidup saya juga minim kompetisi, tak begitu suka kompetisi, jadi hidup ya ngalir begitu sahaja.  Jadi kalo ada masalah dalam hidup ya saya pause alias diem dulu sejenak untuk kembali melangkah setelah napas enak dan pikiran tenang.

yang kedua.


ya kalo berangkat, kemana pun, kudu ingat rumah, inget pulang lah, sejauh dan selama apapun perjalanan.  memang bahaya kalo sampe lupa rumah.. kalo lebih tinggi lagi pemaknaannya terkait hidup ya inget bahwa nanti bakal berpulang juga, seberapa pun hebatnya di dunia ini. Haish kok jadi rada dalem dan sedikit serem ini.

yang ketiga


ya dalam sepedaan, juga dalam hidup, tentu perlu bekal toh, biar cukup dan kecapekan di jalan.  biar perjalanan aman. dan bekal yang penting menurutku sih ga cuma logistik, tapi sebuah ilmu favoritku: survival..

yang ke empat


ini  sih sebenarnya kemampuan untuk mengetahui batas kemampuan diri sendiri, ga usah sok kuat kalo menemui jalanan yang nanjak atau kondisinya berat dan rusak.  sesuaikan kekuatan diri dengan jalan deh, kadang suka maksa, sudah tau tanjakan malah sok kuat dan ga mau nurunin gear alias gigi, akibatnya napas habis, kaki pegel, badan remek.. gitu juga pas ketemu turunan ga usah sombong dan sok keren dah lalu ngebut, ntar jatuh nyesel dan bakal sakit tentu

yang kelima


ini sih soal mawas diri, ini juga gara-gara inget petuah seorang temen, kalo sistem hidup itu terdiri dari tiga bagian yang harus klop: kondisi badan, kondisi alat dan kondisi jalan.  Kalo tiga-tiganya dalam kondisi bagus, ntar perjalanan pasti bakal lancar dan sampai tujuan dengan aman.  Kalaupun ada masalah di antara ketiga hal itu, paling tidak bisa diantisipasi dengan baik.  Jadi sebelum memulai perjalanan cek dan ricek dulu kondisi tubuh, kondisi sepeda dan juga jalur jalan yang bakal dilalui.. yaa kurang lebih begitu

bonus bagian keenam


itu artinya adalah: kalo ga mampu lagi digowes ya didorong (bhs Banjar)

Ini sih semacam sambungan atau pelengkap dari bagian keempat di atas, ya sekuat-kuatnya tenaga dan sebagus-bagusnya sepeda, pasti nanti ada suatu saat ketemu medan yang ekstrim, yang bikin kaki tak kuat lagi mengayuh pedal, kalo sudah gitu ya turun, dorong, yang penting sampai, semangat!

Jadi begitulah, pelajaran yang saya maknai semena-mena kali ini. Agak berantakan memang pemaknaannya, tapi ya sudahlah..
 

Komentar

  1. pesan-pesan yang sungguh bijak, tapi bikin penasaran.. ini pakai bahasa apa?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Toko & Bengkel Sepeda di Jogja

Sejak 'mengenal' sepeda, beberapa kawan yang sangat mengerti anatomi, morfologi dan histologi sepeda, saya pun memberanikan diri memberi rekomendasi beberapa toko dan bengkel sepeda di Jogja yang harus disambangi dikala sepeda memerlukan perawatan dan penggantian suku cadang. Rekomendasi tempat-tempat ini berdasarkan pertimbangan: harga, kelengkapan ketersediaan suku cadang, hasil seting sepeda dan pengalaman empunya bengkel.  Juga pengalaman beberapa kawan saat membeli spare part ataupun memperbaiki sepedanya.  Rata-rata setiap toko atau tempat yang menyediakan sepeda dan suku cadangnya juga menyediakan tempat dan tenaga untuk seting dan reparasi, tapi tak semua hasilnya bagus.   Bengkel sepeda Rofi (Rahul Bike) ,  pemiliknya adalah teman saya di komunitas sepeda Federal , tapi menurut sejarah awalnya justru beliau akrab dengan sepeda-sepeda keluaran baru.  Hasil seting sepeda mas Rofi ini sudah sangat dapat dipertanggungjawabkan, hal ini bisa dilihat dari jej

ada apa hari ini

 rencananya adalah: hunting komik lagi di lapak depan jalan nyuci sepeda bikin materi untuk ngajar besok, artinya kudu baca ulang lagi materinya belajar swot, skoringnya masih belum ngerti, hedeh.. mudahan mahasiswaku ga baca blog ini haha sepedaan bentar sore-sore.. dan sepagi ini, saya kembali, iya kembalai, men- deactive akun-akun sosmed saya, dan lagi-lagi, saya tak tahu sampai kapan itu berlangsung, toh siapa juga yang nyari saya kan haha kecuali blog ini, tampaknya tetap dipertahankan aktif untuk menumpahkan kisah-kisah tak jelas sepanjang waktunya.. tadinya kepikiran untuk menghapus akun whatsapp  untuk sementara waktu, tapi tak bisa karena ada terkait kerjaan di kantor, walau akhir-akhir ini tak begitu ada kerjaan juga, jadi ya mungkin ditengok sesekali saja. itu saja dulu, eh apa saya perlu.. hedeuh apa tadi lupa

..mencoba instal Lubuntu di Lenovo S206

..leptop honey, istri saya itu kondisinya sekarang lumayan amburadul, wifi susah konek, batterynya error - ya kalo ini sih salah saya gara-gara pernah nge-charge kelamaan-,  dan terakhir suka mati-mati sendiri sehabis diinstal ulang sama windows 7 (bajakan). Saya putuskan untuk instal linux saja, kali ini saya instalin Lubuntu, turunan ubuntu dengan pertimbangan spec leptop yang lumayan pas-pasan: RAM cuma 2 Gb dan prosesor yang cuma dual core 1,4 Gb.  Sebenarnya saya pengen nginstalin debian lagi, tapi selain lupa caranya, saya juga pengen nyoba OS yang lain, setelah saya timbang-timbang yang file ISO-nya lumayan kecil ya cuma Lubuntu, cuma sekitar 900-an Mb.  Itu juga lumayan lama downloadnya, cuma ngandelin hotspot dari hape. Setelah dapet iso-nya, bikin bootable di flashdisk pake unetbootin , lalu mencoba instal, berhubung saya termasuk user abal-abal yang taunya instal dan klik sana sini, jadi belum berani instal seluruhnya, takut data yang ada di hardisk keformat seperti