Langsung ke konten utama

Rekomendasi Toko & Bengkel Sepeda di Jogja




Sejak 'mengenal' sepeda, beberapa kawan yang sangat mengerti anatomi, morfologi dan histologi sepeda, saya pun memberanikan diri memberi rekomendasi beberapa toko dan bengkel sepeda di Jogja yang harus disambangi dikala sepeda memerlukan perawatan dan penggantian suku cadang.


Rekomendasi tempat-tempat ini berdasarkan pertimbangan: harga, kelengkapan ketersediaan suku cadang, hasil seting sepeda dan pengalaman empunya bengkel.  Juga pengalaman beberapa kawan saat membeli spare part ataupun memperbaiki sepedanya.  Rata-rata setiap toko atau tempat yang menyediakan sepeda dan suku cadangnya juga menyediakan tempat dan tenaga untuk seting dan reparasi, tapi tak semua hasilnya bagus. 

  1. Bengkel sepeda Rofi (Rahul Bike),  pemiliknya adalah teman saya di komunitas sepeda Federal, tapi menurut sejarah awalnya justru beliau akrab dengan sepeda-sepeda keluaran baru.  Hasil seting sepeda mas Rofi ini sudah sangat dapat dipertanggungjawabkan, hal ini bisa dilihat dari jejak rekamnya, dimana salah satunya dipercaya menjadi tim mekanik saat Audax UGM Surabaya-Jogjakarta baru-baru ini.  Di bengkelnya sendiri selain berfungsi sebagai pusat reparasi, bengkel yang berlokasi di daerah Karangkajen ini juga menyediakan suku cadang baru maupun second dengan kualitas yang bagus.

    Rahul bike ini recommended untuk seting semua jenis sepeda, terutama sepeda vintage, folding bike/sepeda lipat & road bike.  Alamat bisa di cek di akun foursquare beliau, atau silakan kontak langsung ke +62 899-4177-033 
  2. Dopilas Bike, toko part sekaligus workshop ini adalah andalan saya jika terjadi masalah dengan sepeda.   Hasil seting sepedanya terjamin keren dan presisi. Disini asiknya kita bisa merakit sepeda impian sesuai dengan budget yang tersedia, tapi kualitas hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.  Kalau senang bersepeda cross country/downhill, bisa ikutan tour gowes sepeda di daerah seputar pegunungan Merapi yang sering diadakan pada hari minggu.

    Kelebihan dopilas bike adalah expert terutama untuk jenis sepeda cross country (XC), free ride (FR), all mountain (AM) & downhill (DH). Alamat &  contact : Jl.Affandi/Gejayan, gg. Endra. cp. 089667846666 --- 
  3. Tepat, toko sepeda ini sudah kondang di kalangan pesepeda Jogja, karena harga sepeda maupun suku cadang yang tersedia disana relatif lebih murah dan relatif lengkap.  Sekarang lokasinya tokonya baru, yaitu di samping JogjaTronik, Jl. Parang Tritis, tak begitu jauh dari arah selatan Maliboro. 
  4. Alam Baru, toko sepeda ini terkenal dengan kelengkapan sepeda beserta stok suku cadangnya dengan range harga yang bervariasi, sering juga menyimpan stok sepeda dan suku cadang vintage, walau harga terkadang sedikit di atas toko Tepat.  Kelebihannya adalah lokasi toko yang strategis berada di sisi barat jalan Malioboro, tepatnya sekitar Sosrowijayan. 
  5. Cahaya, di toko sepeda yang berlokasi di ringroad utara Jogja ini sepeda dan partnya juga lumayan lengkap, bisa dikatakan stok yang ada disitu termasuk range harga menengah ke bawah.  Pelayanannya lumayan cepat dan ramah.  Menurut rekomendasi kawan, bengkel disini mempunyai kelebihan dalam menyetel roda, hasilnya lumayan presisi.
catatan:
di toko nomor 1 & 2 itu juga ada  bengkel sepedanya, namun tak saya rekomendasikan karena tempatnya yang relatif padat dan berdasarkan pengamatan sekilas, selalu banyak antrian sepeda menunggu diservice, sedang hasil setingnya sendiri belum pernah saya ketahui. Sedang bengkel nomor 4 & 5 sangat direkomendasikan untuk seting dan service karena empunya bengkel juga pesepeda kelas akut.

Komentar

  1. kaget waktu nemu blognya oom warm ilang.. :D

    ehh...untungnya masih bisa ketemu disini :D

    BalasHapus
  2. domain dan hostingnya expired tampaknya, dan lg males ngurusinnya hehe biar bemain2 disini saja dulu lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas, untuk setting vintage roadbike lebih berpengalaman bengkel yg mana ya?

      Hapus
  3. @Anonymous
    kalo di JOgja, saya rekomendasikan yg nomer 4, bengkelnya mas Rofi,

    BalasHapus
  4. Oom, yang no.5 alamatnya dimana ? <3♏ªτůя:);)ΠůώůΠ<3.

    BalasHapus
  5. makasih om. Sangat berguna :)

    BalasHapus
  6. mas alamat no 4 dan 5 dimana ya mas ?

    BalasHapus
  7. bang 4 sama 5 lokasi'ny dmn ??

    BalasHapus
  8. @yuuki + @shin_think
    yg nomer 4 itu tepatnya di dalam gang, doh iya ini sebagai catatam saya untuk lain kali pas kesana mencatat nama gangnya :)
    sedang yg nomer 5 itu alamatnya di gg. Endra jl. Gejayan :)

    BalasHapus
  9. Buat pasang crank fixie recomend mana mas

    BalasHapus
  10. Buat pasang crank fixie recomend mana mas

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. tambah satu lagi gan , perempatan jetis ke timur utara jalan ada bengkel sepeda sama jual sepeda lumayan lengkap sih, kata tmen" :D

    sallam dari bantul

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Abdi bogoh ka anjeun

Itu artinya saya suka kamu, kan bah?"

tanya bang Ai beberapa saat yang lalu.

Hoh? Saya tak langsung menjawab, malah curiga, darimana pula dia dapet kosa kata ajaib itu, jangan-jangan..

"bang Ai baca dimana?"
"di kertas.."

Tuh, kan.  Itu kan kalimat sakti yang beberapa kali saya tulis untuk seseorang pada jaman dahulu kala hihi.  Jangan-jangan bang Ai iseng baca-baca koleksi surat saya yang beberapa kotak sepatu itu.  Persis kelakuan Cinta di AADC2.  Duh, saya jadi suudzon..

" di kertas mana?" tanya saya lagi sambil deg-degan sendiri #hayaah haha
" ini bah, di kertas bungkus permen karet.." malah Q yang menyodorkan bekas bungkus permen karet yang bertuliskan macam-macam kalimat dari beberapa bahasa..

Walah, ada-ada sahaja..

tentang kang Lantip

siapa sih yg ndak kenal sama blogger asal Njogja yg bernama kang Lantip kui.  Kecuali dirimu ndak kenal blog, saya sedari dulu tau tapi sungkan kenalan dengan beliau, soalnya ketoke terkenal sekali.  Tujuh taun hidup di Jogja malah tak pernah ngobrol sekalipun dengan beliau itu, lha kan nyebahi sekali saya ki, ga sopan sama tuan rumah hihi

lucunya, saya jadi bertekat ingin ketemu dengan beliau itu gara-gara kami satu pemahaman mengenai panganan bulet ijo bernama KLEPON! yang disesatkan sedemikian rupa oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab yang malah keukeuh kalau makhluk itu adalah Onde-onde, wooo ngawur.

Jadi aja, kmaren malam janjian di warung kopi, yang posisinya padahal deket dengan tempat saya tinggal dulu, tapi saya justru ga ngeh: namanya warung kopi Blandongan.  Woh kopinya ampuh tenan, mampu bikin mata saya tadi malam super cerah sampai menjelang sahur haha

Dan, sosok kang Lantip ternyata jauh dari bayangan saya, lha habisnya saya kebayang ikon gajahnya beliau je, duh nuwun s…