Langsung ke konten utama

Lagi-lagi ke Cinomati lagi

Ada sesuatu yang membuat otakku rasanya buntu dan beku beberapa hari terakhir.  Akhirnya aku putuskan untuk sedikit mencairkannya dengan cara menyiksa diri di tanjakan hehe

Setelah beberapa waktu lalu sepeda rivera terrain saya berhasil dirakit kembali dengan bantuan mas Rofi, dalam artian sebenarnya, karena selain tidak dikenakan biaya service, yang ada malah beberapa spare partnya boleh aku pakai dengan cuma-cuma.  Duh memalukan sekali mahasiswa kurang modal iki.

Tapi yasudahlah,  Saya sudah gatel pengen kembali reuni dengan tanjakan edan itu sejak kemarin,  minggu kemarin gagal kesitu karena lupa jalan kesananya.  Akhirnya kemarin saya coba lagi, dan kembali nyasar, untunglah bisa kembali ke jalan yang benar.

Kali ini, benar-benar dengan modal seada-adanya.  Kombinasi Crank oval 48-38-28 dengan sprocket 7 speed 11-28 benar-benar sangat tidak ideal untuk mendaki tanjakan sejahanam cinomati :|  Apalagi gir paling ringan itu sangat bandel, dengan RD seadanya harus diakalin dengan memencet shifter kuat-kuat kalau tidak mau lepas turun ke gear di bawahnya.  Saya lelah.  Saya tiba-tiba rindu pedal cleat, gear 32 dan crank octalink, ahsudahlah

Sempat putus asa setelah sampai di puncak tanjakan legendaris itu, yang saya capai dengan susah payah, setengahnya dilalui dengan menuntunnya.  Cukup lama ngaso, leyeh-leyeh disitu sebelum kembali menuntunnya ke atas, ke bagian yang cukup datar untuk bisa digowes kembali.

Kembali menemui beberapa ruas tanjakan yang kali ini terasa lebih berat dibanding yang lalu-lalu, mungkin karena menjalaninya sendiri #halagh.  Sampai-sampai kembali harus menuntun dan mendorong sepeda beberapa puluh meter sebelum memutuskan untuk memaksakan diri menaikinya, hingga akhirnya sampai di tikungan tajam berbentuk huruf U yang artinya episode tanjakan berat sebentar lagi usai.

Dan syukurnya, di ujung tanjakan itu, ada warung soto yang katanya baru satu bulan buka.  Alhamdulillah.  Semangkok soto rasanya cukup untuk kembali memenuhi panggilan jalan.  Saya pikir begitu, tapi lha kok malah tergoda saat melewati warung jus yang dulu pernah saya sambangi bersama mas Radith, mas Andi dan Revo beberapa tahun yang lalu.   Segelas besar jus jeruk seharga tigaribu rupiah ditambah gorengan yang harganya dua rebu tiga cukup memuaskan napsu minum dan makan yang menggila di siang itu.

the

Kembali pelan-pelan mengayuh pedal, muncul di perempatan Patuk, untuk kembali ke arah Jogja yang siang itu begitu panasnya.  Tak terasa perjalanan kali ini begitu lelah dan lamanya. Kurang lebih enam jam dihabiskan begitu saja.  Luar biasa.

Belum cukup begitu saja, barusan tadi pagi saya bermaksud cooling down ke warung ijo pakem, dan kaki dan lutut kok rasanya lemas, lebih letih dari biasanya, mungkin akibat dihajar tanjakan kemarin.  Ya ya mungkin dua tiga hari harus istirahat dulu sementara.

Komentar

1. cinomati ini merupakan jalan alternatif saya bila ke jogja, jalau jalan jogja wonosari yang standar sedang macet di kala liburan, hehe

tapi ngeri sangat, apalagi bila malam hari

BalasHapus
    Balasan
    1. coba sesekali arah kebalikannya mas. lebih ngeri hehe

Hapus
  2. Kalau ngomongin tanjakan yang mumpuni versi saya, di Stasiun KRL Universitas Indonesia ada jembatan penyeberangan yang dijuluki "jembatan aborsi" sama anak-anak mahasiswa, Om, saking curam dan terjalnya tanjakan. Tinggi banget pula. Lumayan banget olahraganya. Naik anak tangga pertama masih cantik, turun anak tangga terakhir udah basah kuyup kayak kecebur sungai.

BalasHapus
    Balasan
    1. istilahnya sangar :| bwt aku pnasaran padahal pengen mampir di stasiun UI, tp mesti cuma lewat doang hehe

Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Toko & Bengkel Sepeda di Jogja

Sejak 'mengenal' sepeda, beberapa kawan yang sangat mengerti anatomi, morfologi dan histologi sepeda, saya pun memberanikan diri memberi rekomendasi beberapa toko dan bengkel sepeda di Jogja yang harus disambangi dikala sepeda memerlukan perawatan dan penggantian suku cadang. Rekomendasi tempat-tempat ini berdasarkan pertimbangan: harga, kelengkapan ketersediaan suku cadang, hasil seting sepeda dan pengalaman empunya bengkel.  Juga pengalaman beberapa kawan saat membeli spare part ataupun memperbaiki sepedanya.  Rata-rata setiap toko atau tempat yang menyediakan sepeda dan suku cadangnya juga menyediakan tempat dan tenaga untuk seting dan reparasi, tapi tak semua hasilnya bagus.   Bengkel sepeda Rofi (Rahul Bike) ,  pemiliknya adalah teman saya di komunitas sepeda Federal , tapi menurut sejarah awalnya justru beliau akrab dengan sepeda-sepeda keluaran baru.  Hasil seting sepeda mas Rofi ini sudah sangat dapat dipertanggungjawabkan, hal ini bisa dilihat dari jej

ada apa hari ini

rencananya adalah: hunting komik lagi di lapak depan jalan nyuci sepeda bikin materi untuk ngajar besok, artinya kudu baca ulang lagi materinya belajar swot, skoringnya masih belum ngerti, hedeh.. mudahan mahasiswaku ga baca blog ini haha sepedaan bentar sore-sore.. dan sepagi ini, saya kembali, iya kembalai, men- deactive akun-akun sosmed saya, dan lagi-lagi, saya tak tahu sampai kapan itu berlangsung, toh siapa juga yang nyari saya kan haha kecuali blog ini, tampaknya tetap dipertahankan aktif untuk menumpahkan kisah-kisah tak jelas sepanjang waktunya.. tadinya kepikiran untuk menghapus akun whatsapp  untuk sementara waktu, tapi tak bisa karena ada terkait kerjaan di kantor, walau akhir-akhir ini tak begitu ada kerjaan juga, jadi ya mungkin ditengok sesekali saja. itu saja dulu, eh apa saya perlu.. hedeuh apa tadi lupa

..mencoba instal Lubuntu di Lenovo S206

..leptop honey, istri saya itu kondisinya sekarang lumayan amburadul, wifi susah konek, batterynya error - ya kalo ini sih salah saya gara-gara pernah nge-charge kelamaan-,  dan terakhir suka mati-mati sendiri sehabis diinstal ulang sama windows 7 (bajakan). Saya putuskan untuk instal linux saja, kali ini saya instalin Lubuntu, turunan ubuntu dengan pertimbangan spec leptop yang lumayan pas-pasan: RAM cuma 2 Gb dan prosesor yang cuma dual core 1,4 Gb.  Sebenarnya saya pengen nginstalin debian lagi, tapi selain lupa caranya, saya juga pengen nyoba OS yang lain, setelah saya timbang-timbang yang file ISO-nya lumayan kecil ya cuma Lubuntu, cuma sekitar 900-an Mb.  Itu juga lumayan lama downloadnya, cuma ngandelin hotspot dari hape. Setelah dapet iso-nya, bikin bootable di flashdisk pake unetbootin , lalu mencoba instal, berhubung saya termasuk user abal-abal yang taunya instal dan klik sana sini, jadi belum berani instal seluruhnya, takut data yang ada di hardisk keformat seperti