Langsung ke konten utama

#39. Takka Steel Bike Conseres (TSBC 150)

Tahun 2020 kemarin, saya melihat postingan temen saya mas Agung Nugroho di facebook yang memamerkan sepeda lipat barunya.  Unik bentuknya, double tubing-nya mengingatkan saya pada doppelganger yang dulu sempet mau saya beli dari temennya istri namun batal.  Sekilas seperti perkawinan antara troy dan doppelganger.

Setelah saya cari-cari informasi, itu bikinan lokal, sepeda lipat keren itu buatan mas Adhitya Atmadja dari Karanganyar.  Yang dijual cuma berupa frameset, sistem pre order, yang waktu saya awal tertarik konon antriannya sudah beberapa bulan ke depan. Nama sepedanya Takka Steel Bike seri Conseres. Nama yang berasal dari nama putra buildernya.

Menariknya lagi, harga frameset tidak begitu mahal, untuk ukuran handmade, frame sepedalipat seharga 3.25 juta masih termasuk wajar untuk sebuah karya seni.  Saya anggap begitu karena benar-benar bukan pabrikan massal, sampai saat ini, rata-rata sehari cuma menghasilkan 1 (satu) frame, makanya kudu sabar menunggu pesanan selesai.

Setelah frame selesai, saya minta kirimkan ke Jogja, untuk dirakit di dopilas garage, bengkel sepeda punya temen saya yang dulu sempet tetanggaan waktu ngontrak di Gg. Bakung.  Setelah semua part komplit, karena saya nyicil cukup lama sampai semua bagian sepeda lengkap, akhirnya dikirimkan juga ke Banjarbaru.

Saat awal digunakan, saya perlu dua hari untuk penyesuaian, terutama posisi sadel, karena saya juga baru kali ini mencoba Brooks seri Cambium C17 Carved, dan bener kata mas Andi, temen saya yang juga memakai sadel jenis itu, rasanya agak sedikit keras, mungkin karena bahan utamanya dari karet. Setelah tidak juga menemukan titik paling nyamannya, akhirnya saya putuskan untuk dituker dengan sadel Brooks B17 Standard yang terpasang lama di Federal Mt Everest.

Sabtu kemarin saya coba rada jauhan, sekitar 50 km ke arah timur, tepatnya melihat jembatan baru di Awang Banklar, Aranio.  Ternyata memang beda rasanya dengan B17 yang tentu sudah sangat nyaman karena sudah break in sejak lama.  

Daftar komponen sepeda yang terpasang di Takka Steel Bike Conseres dengan nomor seri 150 yang menunjukkan angka ke sekian di produksi itu kurang lebih adalah ini:

Jadi, begitulah.  Bahan besi frame ini belum saya tanyakan sih sama builder.  Tapi cukup ringan, mungkin sekitar 3 kg saja.  Kemarin pas dipaketin sama semua part berat total sekitar 13kg.  Rasanya kurang lebih beratnya dengan Urbano saya dulu yang bahannya dari alloy. Oiya, untuk warna kita juga bisa pesen sesuai keinginan, awalnya saya ingin warna hitam, tapi setelah liat-liat Takka yang sudah jadi, saya akhirnya memutuskan warna raw, jadi warna asli besi yang dipoles trus langsung dicat clear, dan ternyata emang ga salah milih warna itu. Keren pol.

Yang jelas, jadi bangga juga saya bisa make frame bikinan lokal keren dan unik, dan sepertinya saya pengguna pertama sepeda lipat unik ini di Kalimantan Selatan hehe.



Komentar

  1. Sepedanya cakep.
    Uh, 50 km? Gak sanggup saya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, paman. sejauh itu saya juga ngepit sekuatnya dan sesampainya aja, kalo pas capek ya stop dulu, kalo haus ya minum dulu, ga maksain badan jg hehe

      Hapus
  2. Cakep juga nih buatan lokalnya.
    Total piro kang sampe enak dipake?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, itu frame set sekitar 3,2. spare part dll harganya kuranglebih sekitar harga frame itu jg

      Hapus
    2. Keknya kalo total segitu masih lebih ekonomis beli pabrikan yang sudah jadi hahaha
      Kecuali memang dari sisi performa ada yang bikin oke banget.

      Hapus
    3. iya kang, ada benernya. sepeda lipat dg spare part standar skarang sdh cukup turun kok harganya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

jejak bubin Lantang

jika ditanya salah satu kota yang ingin saya datengin sejak berpuluh tahun yang lalu, jawaban saya pastilah: Bandar Lampung.  Tentu karena nama-nama sudut kota itu lekat di otak saya, gara-gara karya bubin Lantang itulah. dan saya, akhirnya menjejakkan kaki juga di tanah impian itu.  Sengaja dari penginepan, naik gojeg ke Jl. Manggis.  Itu kalo di serial Anak-anak Mama Alin adalah lokasi rumahnya Wulansari- ceweknya 'Ra. Sedangkan di novel Bila, itu adalah jalan tempat kediamannya Puji- ceweknya Fay. di Bila, malah jelas dibilangin nomer rumahnya: empatbelas, ya persis nomer rumah saya dulu di kampung.  Melihat plang nama jalan Manggis saja saya senang tak terkira.   Apalagi habis itu menemukan rumah bernomor 14.  Dan saya baru tau kalo itu rumah pegawai perusahaan kereta api.  Rumah tua memang, persis seperti yang digambarin di buku. Belum cukup senang saya, saat berjalan ke arah barat, ternyata ujung jalan bermuara ke Pasir Gintung! Tempat legendaris yang digambarkan sebaga

#38. Tiga kali 3 Blog Favorit

Sesekali ikutan kuis di blognya orang, kebetulan masih ada aja yang suka seru-seruan bikin kuis-kuisan semacam itu hehe.  Baru mengetik satu baris pun, saya sudah terbayang blog-blog yang seringkali saya tunggu apdetannya, walau kenyataannya dari tiga blog yang saya sering tunggu-tunggu itu, ada satu yang sudah lama tenggelam dengan kesibukan dunia kerjanya. Satunya lagi apdetannya kadang-kadang tapi masih cukup sering apdet lagi sekarang, satunya lagi entahlah, dia apdet sesuai mood hehe Sebenernya banyak sih blog yang suka saya kunjungi, dan ya biasanya tentu saya kunjungi kala mereka apdet di akun feedly saya.  Tapi soal favorit, tiga ini yang otomatis kepikiran. / 1. blognya jeung Indie. https://sumpahserapahku.blogspot.com/ Gaya berceritanya bebas dan semau-maunya, ntapi rapi dan suka panjang-panjang. Gaya bahasanya asik, dan sering membawa bertualang ke jaman 80-90-an haha.  Terakhir kali apdet nyaris tiga tahun yang lalu, tapi saya tak pernah bosan menunggu beliau khilaf dan ap