Langsung ke konten utama

#30. Obat tradisional pemulih luka

Saya kmaren kapan ngebagikan hal ini di twitter, dan sudah seringkali juga saya bagikan dimana-mana.  

Sedari kecil, saya kalau luka dan berdarah, paling sering gara-gara uji nyali dengan benda tajam, jarang sekali pake obat modern seperti obat merah dan sejenisnya.  Alasannya sih karena emang jarang punya benda-bend seperti itu di dalam rumah.

Jadinya ya ngobatin luka pake apa yang ada di sekeliling.  Yang paling praktis sih ya air garam, ini paling gambpang, tinggal campurin garam ke air hangat atau panas, trus celupin luka ke dalamnya, cepet kering, dan higienis juga, kan garam mengandung iodium.  Pernah paling parah telunjuk tangan kiri saya nyaris penggal gara-gara pisau besi yang saya gunakan untuk motong kayu bahan katapel, nyasar ke jari, mana pisaunya berat sekali.  

Saya masih inget langsung nyari rantang, kasih air panas, trus campurin garem, trus celupin jari. Wah itu rantang jadi kayak sirup, langsung memerah.  Tapi habis itu, luka cepet nutup dan pulih.  Biasanya sih habis dicelupin gitu, sudah jamak di kampung saya jari yang terluka diperban dengan.. potongan kain bekas.

Kalau lukanya cukup kecil, saya hunting sarang laba-laba kecil yang biasanya ada di dinding rumah atau deket-deket plafon, bukan sarang laba-laba yang ada di pohon, saya belum pernah nyobain yang itu malah.  Yang jenis ini sarangnya putih bersih, dan tebel, walau satu sarangnya kecil sekali, paling seujung kelingking.  Ini beneran efektif juga menghentikan pendarahan dan memulihkan luka.

Satu lagi yang paling efektif untuk nyembuhin luka.  Ini sih saya temukan secara tak sengaja.  Mungkin pas saya SD apa SMP ya, abah nanem tumbuhan penawar sampai, atau brotowali nama topnya, di belakang rumah.  Suatu saat pas saya luka (lagi), bingung nyari obat.  Akhirnya kepikiran untuk matahin tangkai daunnya, nah dibekas patahan tangkainya itu ada getah berwarna putih yang cukup kental.  Iseng saya olesin di luka. Eh ternyata efektif juga untuk menghentikan pendarahan dan memulihkan luka.

Kemudian pucuk pisang.  Ini sih sudah teruji untuk menghentikan pendarahan dan memulihkan luka. Saya sampai sekarang, otomatis nyari pucuk pisang saat terluka.  Seperti yang saya ceritakan di postingan tentang pas jatoh dari bersepeda itu.

Yang terakhir adalah, daun binahong yang saya baru tau namanya dari sepupu di Bogor.  Saat pulang dari Cicurug naik motor, jalanan lagi licin, nyaris jatuh di perbatasan Bogor, untuk kaki saya masih bisa mnyeimbangkannya.  Walau kudu dibayar dengan kaki yang luka akibat beradu dengan aspal.  Sampai Bogor, dibilangin sepupu tuh untuk ngunyah daun binahong trus diolesin ke luka. Dulu sih dikasihnya daun binahong yang hijau. Dan bener aja, luka juga cepet sembuh.

Kemarin habis jatuh dari sepeda itu, setelah dikasih pucuk pisang trus dibersihin di puskes, sesampai rumah, saya nyari daun binahong, adanya yang ungu, di rumah keluarga. Perban saya buka, trus ngunyah binahong trus ditutupin ke luka.  

Masih merasa belum cukup, saya olesin lagi minyak yang dibeli istri saya, yang kata anak saya itu minyak ajaib, soalnya pernah juga dipakai untuk nyembuhin lukanya.  Saya penasaran dengan kandungannya yang ditulis dalam bahasa latin, eh ternyata salahsatunya adalah brotowali itu. Wah pantas saja.

Sekarang sih sudah mengering, dan nunggu pulih. Jadi begitulah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Toko & Bengkel Sepeda di Jogja

Sejak 'mengenal' sepeda, beberapa kawan yang sangat mengerti anatomi, morfologi dan histologi sepeda, saya pun memberanikan diri memberi rekomendasi beberapa toko dan bengkel sepeda di Jogja yang harus disambangi dikala sepeda memerlukan perawatan dan penggantian suku cadang. Rekomendasi tempat-tempat ini berdasarkan pertimbangan: harga, kelengkapan ketersediaan suku cadang, hasil seting sepeda dan pengalaman empunya bengkel.  Juga pengalaman beberapa kawan saat membeli spare part ataupun memperbaiki sepedanya.  Rata-rata setiap toko atau tempat yang menyediakan sepeda dan suku cadangnya juga menyediakan tempat dan tenaga untuk seting dan reparasi, tapi tak semua hasilnya bagus.   Bengkel sepeda Rofi (Rahul Bike) ,  pemiliknya adalah teman saya di komunitas sepeda Federal , tapi menurut sejarah awalnya justru beliau akrab dengan sepeda-sepeda keluaran baru.  Hasil seting sepeda mas Rofi ini sudah sangat dapat dipertanggungjawabkan, hal ini bisa dilihat dari jej

ada apa hari ini

 rencananya adalah: hunting komik lagi di lapak depan jalan nyuci sepeda bikin materi untuk ngajar besok, artinya kudu baca ulang lagi materinya belajar swot, skoringnya masih belum ngerti, hedeh.. mudahan mahasiswaku ga baca blog ini haha sepedaan bentar sore-sore.. dan sepagi ini, saya kembali, iya kembalai, men- deactive akun-akun sosmed saya, dan lagi-lagi, saya tak tahu sampai kapan itu berlangsung, toh siapa juga yang nyari saya kan haha kecuali blog ini, tampaknya tetap dipertahankan aktif untuk menumpahkan kisah-kisah tak jelas sepanjang waktunya.. tadinya kepikiran untuk menghapus akun whatsapp  untuk sementara waktu, tapi tak bisa karena ada terkait kerjaan di kantor, walau akhir-akhir ini tak begitu ada kerjaan juga, jadi ya mungkin ditengok sesekali saja. itu saja dulu, eh apa saya perlu.. hedeuh apa tadi lupa

..mencoba instal Lubuntu di Lenovo S206

..leptop honey, istri saya itu kondisinya sekarang lumayan amburadul, wifi susah konek, batterynya error - ya kalo ini sih salah saya gara-gara pernah nge-charge kelamaan-,  dan terakhir suka mati-mati sendiri sehabis diinstal ulang sama windows 7 (bajakan). Saya putuskan untuk instal linux saja, kali ini saya instalin Lubuntu, turunan ubuntu dengan pertimbangan spec leptop yang lumayan pas-pasan: RAM cuma 2 Gb dan prosesor yang cuma dual core 1,4 Gb.  Sebenarnya saya pengen nginstalin debian lagi, tapi selain lupa caranya, saya juga pengen nyoba OS yang lain, setelah saya timbang-timbang yang file ISO-nya lumayan kecil ya cuma Lubuntu, cuma sekitar 900-an Mb.  Itu juga lumayan lama downloadnya, cuma ngandelin hotspot dari hape. Setelah dapet iso-nya, bikin bootable di flashdisk pake unetbootin , lalu mencoba instal, berhubung saya termasuk user abal-abal yang taunya instal dan klik sana sini, jadi belum berani instal seluruhnya, takut data yang ada di hardisk keformat seperti