+ -

Pages

Selasa, 27 Agustus 2019

tentang roadmap hidup

katanya productplan itu..

a roadmap is a strategic plan that defines a goal or desired outcome and includes the major steps or milestones needed to reach it. It also serves as a communication tool, a high-level document that helps articulate strategic thinking—the why—behind both the goal and the plan for getting there.

dan intinya adalah rencana, sebuah kata yang seringkali gagal saya wujudkan, saya memang perencana yang payah, ajaibnya sekarang malah bekerja di institusi perencana.

satu hal yang kepikiran pagi-pagi ini, akibat status seorang kawan~ yang bicara soal roadmap kehidupannya, semacam rencana hidup jangka panjang.  Sungguh bertolakbelakang dengan hidup saya yang sungguh banyak tanpa rencana.  Mengalir semengalirnya semenjak dulu kala.

Jadi jangan aneh melihat rekam jejak hidup saya yang penuh belokan, tikungan dan tanjakan, rencana hidup itu mungkin saya nyaris tak punya.

Padahal sok-sokan belajar dan neliti soal rencana strategis sebuah institusi, sementara rencana strategis hidup sendiri tak tentu arah, sungguh sebuah paradoks.

Rencana strategis kui rada abot je, selain mengedepankan tujuan, cara mencapainya, serta mengemukakan beberapa alternatif jalan apabila cara utama kurang berhasil dijalankan.

Mungkin satu-satunya rencana yang pernah saya susun, adalah saat terancam DO di Jogja dulu, mikirin bakal melarikan diri kemana jikalau gagal, karena mikir ga mampu bayar uang kuliah yang kudu dikembalikan ke negara kalau tak berhasil menyelesaikan pendidikan.  Sungguh rencana yang rada brutal sih sebenernya.
5 blog auk: tentang roadmap hidup katanya productplan itu. . a roadmap is a strategic plan that defines a goal or desired outcome and includes the major steps or mileston...

4 komentar:

  1. hidup tanpa rencana ajah sampe S3 mas... Hahahah. Tapi kayaknya kalo kamu gak lama di Jogja, gak sempet ketemuan kita.
    Jadi, semuanya ada hikmahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @feliciagnez
      iya jg ya, ada benernya juga sih. tp yaitulah, sudah telat kyknya bikin roadmap hehe

      Hapus
  2. hai, membaca tulisan ini, aku kemarin sempat merenungi hal ini juga dan berakhir pada kesimpulan yang sama: aku juga tidak punya roadmap hidup hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, selamat datang.
      smoga besok bisa membuatnya, hidup tanpa alur besar rencana itu terkadang menyebalkan juga haha

      Hapus

< >