Langsung ke konten utama

perubahan template blog auk

karena ada yang nanya gimana merubah atau mengubah atau apalah theme blog ini, atau kalau di blogspot lazim disebut template, caranya sederhana sekali.  Banyak juga kok yang membagikan caranya di web, gugling aja.

Tapi ya ndak apa-apa toh sesekali berbagi caranya.  Biasanya sih saya suka template/theme yang simpel, jadinya pake kata kunci itu kalau mau gugling template.  Kebetulan yang dipasang ini namanya Nordic, template blogspot hasil transformasi dari theme-nya wordpress.  Templatenya sendiri saya donlot dari situs newbloggerthemes.com.  Banyak pilihan kok disitu.

Setelah di donlot, ekstrak saja file .zip nya.  Terus cari file dengan ekstensi .xml .  Dibuka terus semua teks yang ada disitu di kopi saja, terus di paste ke bagian template.  Coba cek gambar di bawah ini.


Nah klik saja tab Edit HTML itu, ganti aja semua teks/kode yang ada disitu dengan kode yang sudah dikopi dari file .xml sebelumnya.  Udah beres.   Kecuali ada bagian-bagian yang pengen diedit.  Misalnya nambahin link atau merubah dikit-dikit tampilannya.

Kalau template yang saya pasang ini cuma diedit bagian link sosial media yang ada di sidit kanan atas, kalau di lihat pake desktop.  Plus sedikit merubah ketebalan border.  Sayangnya versi mobile bawaan template Nordic ini kurang bagus (kalo bagus bisa pake yang custom), jadinya saya pake versi awesome.inc yang ternyata lebih bagus dari versi default.  Merubah mobile template di gambar dibawah ini dengan mencet tombol gear di bagian mobile, masih di halaman template.

Ohiya, kalau mau membuka versi aslinya di hape bisa kok, scroll aja ke bagian paling bawah halaman, tinggal klik bagian view web version.

Jadi begitulah.  Selamat mencoba-coba jikalau belum pernah mencobanya XD

Komentar

  1. ini popular post ples blog archive dkk jd pindah kebawah sendiri ya om? kalau mau baca-baca arsip lama kudu scroll sampe bawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh, udah bawaan templatenya, mau ngerubah2 takut malah jd ngaco XD

      Hapus
    2. Tapi kan justru itu tujuannya? X'D
      Biar scroll sampai bawah... lagipula setelah pencet "Read More", di-scroll sampai mentok pun nggak terlalu jauh karena habis kolom komen langsung ketemu ~~

      Hapus
  2. terimakasi atas infonya,,bisa bermanfaaat buat saya dan juga yg lain,,,
    bisa di coba dulu..
    apa ni sarannya buat kita yg masih pemula???

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ada apa hari ini

 rencananya adalah: hunting komik lagi di lapak depan jalan nyuci sepeda bikin materi untuk ngajar besok, artinya kudu baca ulang lagi materinya belajar swot, skoringnya masih belum ngerti, hedeh.. mudahan mahasiswaku ga baca blog ini haha sepedaan bentar sore-sore.. dan sepagi ini, saya kembali, iya kembalai, men- deactive akun-akun sosmed saya, dan lagi-lagi, saya tak tahu sampai kapan itu berlangsung, toh siapa juga yang nyari saya kan haha kecuali blog ini, tampaknya tetap dipertahankan aktif untuk menumpahkan kisah-kisah tak jelas sepanjang waktunya.. tadinya kepikiran untuk menghapus akun whatsapp  untuk sementara waktu, tapi tak bisa karena ada terkait kerjaan di kantor, walau akhir-akhir ini tak begitu ada kerjaan juga, jadi ya mungkin ditengok sesekali saja. itu saja dulu, eh apa saya perlu.. hedeuh apa tadi lupa

tentang 2021

 sebuah refleksi akan tahun 2021 yang awut-awutan, bagaimana harus memulainya ya, toh saya sebenarnya tak bisa juga menceritakannya #lah 😅 lagian rasanya terlalu dini ya untuk bikin refleksi, eh benarkah demikian? yang jelas saya punya beberapa kawan baru, punya pengalaman baru, menemukan hal-hal baru, mendapatkan apa yang saya inginkan walau terlihat sederhana, soal detilnya. nah itulah susah menceritkannya.. oke salahsatunya adalah akhirnya saya bisa menjejakkan kaki ke satu kabupaten di provinsi ini yang belum pernah saya datangi: Kotabaru.   soal lain-lainnya rasanya kurang lebih sama, masih aja susah ngomong di depan orang banyak, saya harus lebih banyak belajar lagi, terutama: belajar meminimalisir rasa malas..