Rabu, 09 November 2016

perubahan template blog auk

karena ada yang nanya gimana merubah atau mengubah atau apalah theme blog ini, atau kalau di blogspot lazim disebut template, caranya sederhana sekali.  Banyak juga kok yang membagikan caranya di web, gugling aja.

Tapi ya ndak apa-apa toh sesekali berbagi caranya.  Biasanya sih saya suka template/theme yang simpel, jadinya pake kata kunci itu kalau mau gugling template.  Kebetulan yang dipasang ini namanya Nordic, template blogspot hasil transformasi dari theme-nya wordpress.  Templatenya sendiri saya donlot dari situs newbloggerthemes.com.  Banyak pilihan kok disitu.

Setelah di donlot, ekstrak saja file .zip nya.  Terus cari file dengan ekstensi .xml .  Dibuka terus semua teks yang ada disitu di kopi saja, terus di paste ke bagian template.  Coba cek gambar di bawah ini.


Nah klik saja tab Edit HTML itu, ganti aja semua teks/kode yang ada disitu dengan kode yang sudah dikopi dari file .xml sebelumnya.  Udah beres.   Kecuali ada bagian-bagian yang pengen diedit.  Misalnya nambahin link atau merubah dikit-dikit tampilannya.

Kalau template yang saya pasang ini cuma diedit bagian link sosial media yang ada di sidit kanan atas, kalau di lihat pake desktop.  Plus sedikit merubah ketebalan border.  Sayangnya versi mobile bawaan template Nordic ini kurang bagus (kalo bagus bisa pake yang custom), jadinya saya pake versi awesome.inc yang ternyata lebih bagus dari versi default.  Merubah mobile template di gambar dibawah ini dengan mencet tombol gear di bagian mobile, masih di halaman template.

Ohiya, kalau mau membuka versi aslinya di hape bisa kok, scroll aja ke bagian paling bawah halaman, tinggal klik bagian view web version.

Jadi begitulah.  Selamat mencoba-coba jikalau belum pernah mencobanya XD

7 komentar:

Ranger Kimi mengatakan...

Thanks, Om! Nanti aku coba ah...

Rd mengatakan...

Silakan :D

shofie syamwiel mengatakan...

ini popular post ples blog archive dkk jd pindah kebawah sendiri ya om? kalau mau baca-baca arsip lama kudu scroll sampe bawah

Rd mengatakan...

Ho oh, udah bawaan templatenya, mau ngerubah2 takut malah jd ngaco XD

Pembicara Internet Marketing mengatakan...

terimakasi atas infonya,,bisa bermanfaaat buat saya dan juga yg lain,,,
bisa di coba dulu..
apa ni sarannya buat kita yg masih pemula???

z. imama mengatakan...

Tapi kan justru itu tujuannya? X'D
Biar scroll sampai bawah... lagipula setelah pencet "Read More", di-scroll sampai mentok pun nggak terlalu jauh karena habis kolom komen langsung ketemu ~~

Rd mengatakan...

@z.imama enel juga

Posting Komentar

tentang rusuh

jadinya, akibat soal pemilu yang tak berkesudahan ini, karena tentu saja pihak yang tak mau kalah, keras kepala dan super nyebelin, ditambah...

 
;