+ -

Pages

Kamis, 17 November 2016

orang Indonesia itu ..

terus terang, lama-lama saya kesel lho, kalo ada yang ngomong, apdet status, atau nulis apapun, pake sok tau (banget) dengan imbuhan kalimat :.. orang Indonesia itu ..

misalnya : orang Indonesia itu ternyata ya bla bla, .. atau orang Indonesia itu emang gitu, kalo gitu suka bla bla bla

Saya jadi mikir kadang, orang yang ngomong gitu sejauh apa sih kenal dengan seluruh penduduk negeri yang luas ini, seluas apa pengetahuannya tentang kultur negeri ini yang beranekaragam, saya pikir terlalu sempit pengetahuan untuk menggeneralisasi sifat penduduk negeri ini.

Kadang saya iseng mikir, yang berani ngomong gitu apa pake pendekatan induktif? Tapi dalam kasus apa dan gimana, trus sampelnya siapa dan berapa banyak, trus .. halaagh malah mumet..  Untuk menginduksi suatu masalah sekhusus apapun tidak bisa mikir dan berceloteh sesingkat itu. Paling tidak bagi saya hehe

Dan ya, ndak, saya nggak pernah suka penggeneralisasian semacam itu.
Begitulah pokoknya
5 blog auk: orang Indonesia itu .. terus terang, lama-lama saya kesel lho, kalo ada yang ngomong, apdet status, atau nulis apapun, pake sok tau (banget) dengan imbuhan kalimat...

3 komentar:

  1. Kalo bikin status di sosmed pake pendekatan induktif ya panjang atuhlah. Kayak skripsi. #eh
    :)))))))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya poinnya ya ndak gitu, tp pemikiran induktif bisa disederhanakan laah :D

      Hapus

< >