+ -

Pages

Senin, 07 Agustus 2017

..masalah Wifi di Lenovo yang pake Lubuntu

..sejak diinstal Lubuntu 17.04, Lenovo lebih lumayan dibanding saat pake win 7 (bajakan).  Lebih stabil, ga sering mati-mati sendiri, colokan USB 3.0 bisa berfungsi lagi.

Cuma kemarin masalahnya adalah koneksi internet yang aneh, tethering  dengan hape sukses, tapi anehnya ngga bisa browsing sama sekali.  Terkadang bisa konek sesaat setelah meng - apt-get update di terminal.  Tapi setelah restart kembali koneksinya jadi ngaco.

Utak atik sana sini berdasarkan petunjuk yang didapatkan dari hasil gugling tak juga menampakkan hasil yang diharapkan.  Sampai akhirnya saya teringat dengan seorang master coding yang memperkenalkan saya dengan makhluk menyenangkan bernama debian, yaitu mas Galih.

Tanya ini itu sama beliau via whatsapp, intinya kata beliau kemungkinan masalah ada di driver dan dns, lalu gugling lah kembali saya dengan dua kata kunci itu.  Mencoba merubah seting dns, eh akhirnya berhasil konek, tak lama saya juga langsung update semua software via software updater setelah sebelumnya juga apdet driver broadcom punyanya lenovo..

Alhamdulillah, sampai saat ini koneksi wifi lancar dan stabil, mudahan tetap demikian.  Barusan saya juga instal axel untuk download file, ternyata beneran bikin donlotan lebih stabil.  Tadi nyoba donlot ISO debian 9.1 xfce yang besar filenya sekitar 1,8 Gb, stabil di kisaran 0,8 - 1,2 Mbps.  Wih sekali.

Jadi begitulah, terimakasih sekali lagi untuk mas Galih atas petunjuknya.
5 blog auk: ..masalah Wifi di Lenovo yang pake Lubuntu ..sejak diinstal Lubuntu 17.04, Lenovo lebih lumayan dibanding saat pake win 7 (bajakan).  Lebih stabil, ga sering mati-mati sendiri, coloka...

2 komentar:

  1. Alhamdulillah, turut berbahagia masalah koneksinya sembuh. Saya salut njenengan bisa konsisten pakai Linux sebagai OS sehari-hari, lha saya malah ndak pernah je -- paling lama ga sampai setahun pakai Ubuntu, malah di kantor pakai Windows :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kantor ya pake windows mas, kmaren sih berusaha saya instal debian tapi gagal mulu, kalo di leptop sih ya saya pake karena jarang ada masalah dan sudah cukup untuk keperluan saya sehari2 hehe

      Hapus

< >