Langsung ke konten utama

tantangan 30 lagu

Jogja sedang rajin hujan, sedari tadi siang, sampai sekarang, lalu beberapa saat yang lalu saya melihat apdetan blog bang amed, ada tantangan postingan yang menarik disitu.  Tapi saya merasa terlampau lama kalau harus menunggu 30 hari hanya demi posting lagu satu-satu.  Jadi sekalian saja lah dibikin dalam satu postingan.  Ini daftarnya:

1. A song you like with a color in the title
Saya tadinya teringat lagu Kiss Me Red-nya Valerie Stevenson yang merupakan sontrek serial Dream yang dibintangi oleh John Stamos, yang dulu tayang di TVRI tahun 1980-an.  Tapi setelah dipikir ulang, yang lebih berkesan mungkin adalah lagu Mawar Merah-nya Slank.  Karena lagu itu yang saya sering nyanyikan waktu awal-awal belajar main gitar saat kelas 2 SLTA.

2. A song you like with a number in the title
Saya ingatnya lagu Sembilan Hari-nya Dewa 19, tadinya inget lagu 18 n' Life-nya Skid Row, tapi kok ya tak sesuka saya sama lagunya Dewa itu.  Soalnya lagunya ringan, enak diikuti, dan somehow ngingetin perjalanan saya dulu pertamakali ke pulau Jawa lalu ngapel ke Bogor, walau sebenernya totalnya lebih sembilan hari, tapi lagu itu sering saya dengerin.

3. A song that reminds you of summertime
Anggap aja lagu pas cuaca lagi asik-asiknya : Paradise City by Guns n Roses lah \m/

4. A song that reminds you of someone you would rather forget about
Apa maksudnya ini, tentang orang-orang yang ingin saya lupakan.  Saya ingatnya malah pada satu lagu Guns n' Roses di album Spaghetti Incident : I don't care about you..

5. A song that needs to be played LOUD
Banyak daftar lagu saya yang masuk kategori ini euy, tapi saya pilih I want out-nya Helloween saja.  Itu lagu emang kudu kenceng dimaininnya.

6. A song that makes you want to dance
Apalagi lagu ini, tinggal buka folder bang Rhoma, joged dah kita ahaha.  Tapi rasanya cukup satu lagu untuk mewakilinya : Kata Pujangga, begini intronya ..
Hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga , hai begitulah kata para pujangga

7. A song to drive to
Ini lagu yang sering saya puter kemarin-kemarin di mobil : lagunya T2 yang berjudul OK, itu asik sekali, man huehue

8. A song about drugs or alcohol
Nah, lagu yang batal masuk kategori nomor 2  sepertinya pas ditaro disini: 18 and life-nya Skid Row.  Lagu tentang anak muda yang labil sekali, darah muda pokoknya, tapi lumayan sadis.  Lagunya asik, melodynya keren.  Sebastian Bach juga pas keren-kerennya saat nyanyiin lagu ini.

9. A song that makes you happy 
Apa ya, banyak sih, tergantung mood juga ini mah. Apa yaa *mikir dulu ah* Nah itu, biar mewakili band yang lagu-lagunya sering saya & temen-temen bawain waktu kuliah dulu: Gigi, lagu Ooo..Ooo.Ooo... itu rasanya cukup mewakili, videoklipnya juga asik, dan yang terpenting rada enak digitarin ehehe

10. A song that makes you sad
Saya kalo liat video klipnya Unforgiven ~ Metallica rasanya entahlah, sedih aja euy.  Lirik lagunya juga rada-rada gimana gitu.  Kayaknya hidup ini capek banget denger lagu itu..

11. A song that you never get tired of
Sweet Child O'mine deh.  Lagunya Guns n Roses ini pernah nekat saya bawain saat perpisahan sekolah dulu.  Saya main gitar tentu, bukannya nyanyi, yang saya ingat karena kemampuan bahasa Inggris kami payah, jadi itu teks lagunya harus dimodif dikit karena waktu yang terbatas, biar vokalisnya tinggal baca tanpa mikirin pronunciation, ngerti nggak?  Pokoknya gitu deh hehe

12. A song from your preteen years
Lagu saat di bawah usia 13 tahunan? Opo yo? Masa kecil saya dipenuhi lagu-lagunya bang Rhoma euy.  Yang paling saya ingat adalah lagu yang berjudul Indonesia, yang ada di album Soneta ke-11, yang diputer saat pemutaran layar tancep di kampung saya, film yang diputer horror tentang apa itu yang kepalanya ditancepin paku gitu hiiy,..

13. One of your favorite 80’s songs
Lagu Bayang Ilusi-nya Anggun C. Sasmi, yang saya nyanyiin lumayan kenceng saat ujian kesenian kelas 3 SMP.

14. A song that you would love played at your wedding
Apa ya, mungkin Tak ada cinta yang lain yang ada di album Format Masa Depannya Dewa19 kali ya.  Dulu waktu nikahan ga asik sih, yang main organ tunggal kurang lihai mainnya, bener-bener cuma ngandelin format lagu yang sudah terekam dalam format midi gitu, improvnya kurang banget #halagh

15. A song that is a cover by another artist
Nah, kemarin saya nemu lagu She's got the look-nya Roxette dibawain dengan bagus oleh orang-orang Pakistan, dan di aplot di youtube,. yang mana padahal disana katanya youtube adalah salahsatu situs yang diblokir.  Asli mainnya bagus banget.  Coba aja tonton, lagu-lagu lain di acara nescafe basement itu keren-keren euy..



16. One of your favorite classical songs
Canon in D, terutama yang sudah digubah ulang jadi melody rock gitu, jadinya Canon Rock hehe Saya seneng yang dibawain oleh mb Laura di bawah ini, keren



17. A song that would sing a duet with on karaoke
Waduh lha ini, saya nyadar diri kalo nyanyi di karaoke, lagian saya itung-itung baru pernah sekali masuk tempat karaoke sama temen-temen dulu waktu masih kuliah di Surabaya.  Kalo disuruh duet, mungkin saya bakal bawain lagunya Andien & Ungu yang berjudul Saat Bahagia, kayaknya asik juga dinyanyiin, lagian nadanya kan rendah aja, kayaknya lho

18. A song from the year that you were born
Kalau saja tak ada tantangan ini, saya asli baru tahu kalau salah satu lagu favorit saya itu rilis di saat saya lahir : Rambate Rata Hayo, siapa lagi penyanyinya kalo bukan bang Rhoma.  Wah setua itu ternyata saya lagunya.

19. A song that makes you think about life
mungkin lagunya Guns n Roses yang berjudul Estranged, ini perasaan dari tadi daftar lagu saya kalo ga bang Rhoma ya Guns n Roses mulu ya? Ya gimana lagi, lirik lagunya beneran bikin mikir.  Dan beberapa baris lagu ini sudah saya siapkan untuk halaman depan di tugas akhir saya itu.  Bagian yang ini nih :

When I find out all the reasons
Maybe I'll find another way
Find another day
With all the changing seasons of my life
Maybe I'll get it right next time
And now that you've been broken down
Got your head out of the clouds
You're back down on the ground
And you don't talk so loud
And you don't walk so proud
Any more, and what for
20. A song that has many meanings to you
Apa ya, kategori ini jujur membingungkan buat saya.   Nah itu aja, lagu yang judulnya emang kaya gitu, dan lumayan bisa saya bawain pake gitar: More than words-nya Extreme ..

21. A favourite song with a person’s name in the title
Lagunya Toto yang berjudul Lea, lagunya asik, lebih-lebih karena mirip dengan nama panggilan honey hehe.  Dulu dikasih dalam bentuk kaset, hasil rekaman siaran radio gitu waktu beliau masih kuliah di Bogor..

22. A song that moves you forward
Lagunya Reo Speedwagon yang Can't Fight This Feeling.  Ini semacam lagu sontrek saya saat sepedaan jarak jauh juga.  Bikin semangat, bikin mikir kalau setelah tanjakan mesti ada turunan.  Mas Radith tau bener lagu kesukaan saya ini.

23. A song that you think everybody should listen to
..ini lagu yang akhir-akhir ini sering saya denger, gara-gara nonton versi rockin' 1000 di bawah ini, keren sekali..



24. A song by a band you wish were still together
Kamu harus pulang, tapi harus dibawain oleh Slank dalam formasi aslinya saat lagu itu dibikin, formasi 13 yang lejen, dimana masih ada Indra, Pay dan Bongky di dalamnya.  Formasi yang sekarang ngebawainnya suka ngasal, apalagi kalo Abdee ikut maininnya, walau terakhir rada lumayan sih.

25. A song by an artist no longer living
Saya inget lagunya alm. Andi Liany, Sanggupkah Aku, yang masih saja enak didengerin sampai saat ini.  Inget lagu ini, entah kenapa memori saya muternya waktu dulu dengerinnya di kandang ternak sekolah, deket kandang kalkun apa ya..

26. A song that makes you want to fall in love
lagu Look what love has done yang dibawain Patty Smith itu selalu bikin saya jatuh cinta, ga bosen-bosen denger lagu itu..

27. A song that breaks your heart
Mungkin semacam lagunya My Chemical Romance yang berjudul I don't love you gitu ya.  Lirik lagunya sungguh nganu sih..

28. A song by an artist with a voice that you love
lagu bang Rhoma laah, terutama lagu itu Melodi Cinta yang juga menjadi sontrek film yang berjudul sama, beh.. sedap.. XD

29. A song that you remember from your childhood
Masa-masa kecil saya diisi oleh lagu-lagunya Chicha Koeswoyo, Adi Bing Slamet dan Yoan Tanamal yang sempet dibeliin kasetnya sama Abah.  Yang saya ingat salah satunya adalah lagu duet Chicha & Adi yang liriknya begini : memancing ikan ayo memancing ikan, siapkan kail, benang dan umpan, hey aku dapat satu, matanya bulat mulutnya lebar..

30. A song that reminds you of yourself
Bohemian Rhapsody by Queen ... pokoknya lagu itu deh, saya banget, kaya ringkasan sejarah hidup saya gitu lagunya.


Jadi itulah daftar lagu saya, gimana dengan daftar lagumu?

Komentar

  1. Menarik, Om... saya tidak punya playlist lagu, tapi sepertinya asik kalau dibuat 30 buku atau 30 makanan, ya? Makasih idenya, Om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu juga keren, ah saya mah juga ikut-ikutan temen aja itu hehehe

      Hapus
  2. Rhoma Irama, GNR, Metallica, Slank, itu terus ya diulang-ulang :LOL:

    Saya gak mau kegoda ikutan challenge ini ah. Pertama digoda Jensen. Trus digoda Mario. Trus Om Warm. Padahal udah niat mau bikin dari bulan lalu. Karena udah mainstream, saya ogah ikut-ikutan! Hih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ya plaslist saya muter-muter disitu aja, era 90-an pokoknya, bagi saya musik bagus terhenti di tahun2 segitu hahaha

      makanya saya bikinnya yg rada anti-mainstream, langsung hajar dalam satu postingan :D

      Hapus
    2. Duh, ini tambah menggoda! Ya udah, saya balik ke bikin posting #dailygratitude saja ah...

      Hapus
    3. Haghag bebas mb, bebaas 😆

      Hapus
  3. Seru ya...jadi konangan semua tentang diri kita...kabarnya lirik lagu kan menggambarkan perasaan.
    Aku jelas ga mau ikutan...aku kan misterius :P
    hahahahha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasyah, misterius tp kok ya sdh bisa nerbitin buku yoo, ayo bikin jg gih hehe

      Hapus
  4. Yawlaaa ... ini kenapa kagak ada yang ijk pahami benar lagu-lagunya--kecuali Rhoma Irama, tentu saja. Enggak sah jadi WNI kalo enggak tahu beliau dan lagunya emang enak-enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha coba aja dijajal satu2 ketigapuluh lagu di atas itu 😬

      Hapus
  5. hebat yang pada ikut tantangan ini. Pas nulis postingan sambil dengar lagu-lagu ini ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggak, ini sambil mengingat2 aja hehe yg sambil denger lagu itu jadinya postingan yg berjudul hari ke 13 😬

      Hapus
  6. *catetin semua lagunya* Lumayan buat stok lagu bagus! :P

    BalasHapus
  7. Ya ampun, aku rasa pengetahuanku mengenai lagu nggak sebegitunya, sampai bisa membuat postingan seperti ini. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu gaya2an aja sih, ikut2an ehehe

      Hapus
  8. kayaknya saya ngga bakal sanggup om buat list lagu ini, yang saya dengerin cuma coldplay-coldplay-coldplay-beatles-beatles-beatles. hahahaha. atau Balonku, Cicak, Dua mata, Five little monkeys, Little fingers, twinle little star... ah, kan belum apa-apa sudah gagal. hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha tinggal masukin lagu2nya beatles & coldplay yg cocok, kan playlistnya banyak banget itu hehe

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Toko & Bengkel Sepeda di Jogja

Sejak 'mengenal' sepeda, beberapa kawan yang sangat mengerti anatomi, morfologi dan histologi sepeda, saya pun memberanikan diri memberi rekomendasi beberapa toko dan bengkel sepeda di Jogja yang harus disambangi dikala sepeda memerlukan perawatan dan penggantian suku cadang.

Rekomendasi tempat-tempat ini berdasarkan pertimbangan: harga, kelengkapan ketersediaan suku cadang, hasil seting sepeda dan pengalaman empunya bengkel.  Juga pengalaman beberapa kawan saat membeli spare part ataupun memperbaiki sepedanya.  Rata-rata setiap toko atau tempat yang menyediakan sepeda dan suku cadangnya juga menyediakan tempat dan tenaga untuk seting dan reparasi, tapi tak semua hasilnya bagus.

Bengkel sepeda Rofi (Rahul Bike),  pemiliknya adalah teman saya di komunitas sepeda Federal, tapi menurut sejarah awalnya justru beliau akrab dengan sepeda-sepeda keluaran baru.  Hasil seting sepeda mas Rofi ini sudah sangat dapat dipertanggungjawabkan, hal ini bisa dilihat dari jejak rekamnya, dima…

Abdi bogoh ka anjeun

Itu artinya saya suka kamu, kan bah?"

tanya bang Ai beberapa saat yang lalu.

Hoh? Saya tak langsung menjawab, malah curiga, darimana pula dia dapet kosa kata ajaib itu, jangan-jangan..

"bang Ai baca dimana?"
"di kertas.."

Tuh, kan.  Itu kan kalimat sakti yang beberapa kali saya tulis untuk seseorang pada jaman dahulu kala hihi.  Jangan-jangan bang Ai iseng baca-baca koleksi surat saya yang beberapa kotak sepatu itu.  Persis kelakuan Cinta di AADC2.  Duh, saya jadi suudzon..

" di kertas mana?" tanya saya lagi sambil deg-degan sendiri #hayaah haha
" ini bah, di kertas bungkus permen karet.." malah Q yang menyodorkan bekas bungkus permen karet yang bertuliskan macam-macam kalimat dari beberapa bahasa..

Walah, ada-ada sahaja..

tentang kang Lantip

siapa sih yg ndak kenal sama blogger asal Njogja yg bernama kang Lantip kui.  Kecuali dirimu ndak kenal blog, saya sedari dulu tau tapi sungkan kenalan dengan beliau, soalnya ketoke terkenal sekali.  Tujuh taun hidup di Jogja malah tak pernah ngobrol sekalipun dengan beliau itu, lha kan nyebahi sekali saya ki, ga sopan sama tuan rumah hihi

lucunya, saya jadi bertekat ingin ketemu dengan beliau itu gara-gara kami satu pemahaman mengenai panganan bulet ijo bernama KLEPON! yang disesatkan sedemikian rupa oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab yang malah keukeuh kalau makhluk itu adalah Onde-onde, wooo ngawur.

Jadi aja, kmaren malam janjian di warung kopi, yang posisinya padahal deket dengan tempat saya tinggal dulu, tapi saya justru ga ngeh: namanya warung kopi Blandongan.  Woh kopinya ampuh tenan, mampu bikin mata saya tadi malam super cerah sampai menjelang sahur haha

Dan, sosok kang Lantip ternyata jauh dari bayangan saya, lha habisnya saya kebayang ikon gajahnya beliau je, duh nuwun s…